Tupdikmata Gel. I 2024, Pangdam Kasuari Ingin Prajuritnya Berperilaku Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Berpengetahuan

 

MOMIWAREN ]] tribunX.d Program pendidikan TNI AD gelombang I TA 2024 yang telah selesai dilaksanakan bertujuan membentuk prajurit yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga, Sumpah Prajurit serta memiliki pengetahuan, keterampilan dasar keprajuritan, dasar golongan Tamtama dan kondisi jasmani yang samapta.

Hal ini disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han)., dalam amanatnya saat memimpin langsung jalannya upacara penutupan Pendidikan Tamtama (Dikmata) TNI AD gelombang I TA 2024, dilapangan Mako Rindam XVIII/Kasuari, Momiwaren, Manokwari Selatan, Papua Barat, pada Kamis (15/8/2024).

Diketahui, setelah upacara yang digelar dengan hidmat ini, para prajurit akan mengikuti pendidikan kejuruan sesuai kecabangan masing-masing di lembaga pendidikan TNI AD.

“Syukuri apapun kecabangan yang sudah diperoleh karena semua kecabangan memiliki kebanggaan korps masing-masing. Bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan militer yang telah diberikan selama dalam pendidikan ini dapat membekali kalian dalam menempuh pendidikan kejuruan selanjutnya, baik bagi kalian yang akan melanjutkan pendidikan kejuruan kecabangan Infanteri, begitu juga yang akan melanjutkan pendidikan kejuruan lain,” ujarnya.

Jadilah prajurit yang tampil prima dimanapun bertugas, bukan menjadi prajurit yang cengeng yang meminta belas kasihan pada semua orang. Ingat, mental dan fisik ditempah pada dunia pendidikan dan medan tugas.

“Saya yakin keberhasilan ini juga merupakan kebanggaan orang tua. karena atas bimbingan dan dukungan orang tua, mereka dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik. Saat ini putra mereka telah menjadi bagian dari TNI AD, oleh karenanya saya mengharapkan kepada para orang tua, harus merelakan putra-putra bapak/ibu, untuk mengabdikan diri mereka sebagai seorang prajurit TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan negara di seluruh wilayah NKRI sesuai dengan kebijakan TNI AD,” ucapnya.

Diakhir amanatnya, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah yang telah memberikan dukungan moril dan materiil atas terselenggaranya pendidikan ini dengan baik.

“Kepada Danrindam dan seluruh pengajar serta pelatih, setelah terselenggaranya pendidikan ini, segera laksanakan evaluasi secara menyeluruh terhadap 10 komponen pendidikan sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan pada periode selanjutnya,” kata Pangdam.

Pada kegiatan ini, juga diwarnai dengan acara penyumpahan kepada seluruh prajurit, demonstrasi, diakhiri dengan sujud syukur oleh para prajurit yang baru saja dilantik, dengan menandai berakhirnya seluruh rangkaian upacara Tupdikmata TNI AD Gelombang I TA. 2024.

Ikut dalam kegiatan ini, para pejabat Kodam, unsur Forkopimda Kabupaten Mansel, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari beserta pengurus, para keluarga dan tamu undangan lainnya.

(Pendam XVIII/Ksr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *