Tim Satgas Yonif RK 753/AVT, Satgas Elang IV dan Satgas Mandala IV Melumpuhkan 3 Simpatisan OPM

PAPUA TENGAH●TribunX.id Selasa 16 Juli 2024 Pukul 19.41 WIT Bertempat di Distrik Karubate, Distrik Muara, Kab Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah, telah dilaksanakan penindakan terhadap Teranus Enumbi (KST wilayah Mewoluk) yang dilakukan oleh personel Satgas Yonif RK 753/AVT, Satgas Elang IV dan Satgas Mandala IV.

Kegiatan dipimpin oleh Lettu Inf Ahmad Yuli Arif (Pasi Ops Satgas Yonif RK 753/AVT) sehingga mengakibatkan 3 masyarakat OAP (simpatisan OPM) Meninggal dunia, Rabu (17/7/2024).

Kronologi kejadian pada Pukul 19.41 WIT, 2 Tim Gabungan terdiri dari Satgas Yonif RK 753/AVT, Satgas Elang IV, dan Satgas Mandala IV melaksanakan persiapan.

Pukul 19.55 WIT Tim berangkat menggunakan 3 unit mobil Mitsubishi Strada menuju Kios Mutiara Hitam.

Tim tiba di lokasi dan menuju pintu depan dari Kios Mutiara Hitam pukul 20.10 WIT

Sekira pukul 20.12 WIT Tim yang akan masuk Kios Mutiara Hitam purpa dengan 1 OAP yang keluar dari kios tiba-tiba OAP tersebut berteriak dan mengeluarkan 1 pucuk laras pendek.

Saat hampir bersamaan terdengar suara tembakan dari dalam kios, sehingga Tim Alpha melumpuhkan nya. Kemudian Tim Bravo masuk ke kios dan melihat 1 pucuk laras pendek dan Tim Bravo membuka tembakan sehingga mengenai 1 orang OAP, 4 orang OAP lari dengan mendobrak pintu belakang.

Tim Bravo melaksanakan pengejaran serta membuka tembakan sehingga mengenai salah satu OAP tersebut di samping kios tersebut.

Tim Alpha melaksanakan pemeriksaan terhadap mayat yang diduga kelompok OPM Teranus Enumbi.

Tim Gabungan pun kembali untuk konsolidasi.

Anggota Polres Puncak Jaya dipimpin Kompol Safarudin Ahmad (Wakapolres Puncak Jaya) menuju TKP.

Setibanya anggota Polres Puncak Jaya di TKP, selanjutnya melaksanakan evakuasi terhadap 3 masyarakat OAP.

Kemudian 3 Masyarakat OAP dinaikkan ke mobil dinas Mitsubishi Strada milik Polres Puncak Jaya untuk dibawa menuju RSUD Mulia untuk dilakukan tindakan IGD.

Bahwa diduga 3 masyarakat OAP yang meninggal dunia merupakan simpatisan Kelompok OPM Yamo yang terafiliasi dengan Kelompok OPM Teranus Enumbi yakni Sonda Wanimbo (33), Yotenus Wonda (41), dan Dominus Wonda (36).

Selanjutnya Satgas menyita Barang bukti diantaranya 1 Pucuk Pistol rakitan, 1 buah bendera Bintang Kejora. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *